Sabtu, 22 April 2017

FAKTA Unik REOG PONOROGO



Berikut ini fakta-fakta unik  dari REOG PONOROGO :
  1. Jatil, salah satu tokoh prajurit berkuda ini yang sekarang di perankan oleh seorang wanita, ternyata dulu jatil ini di perankan oleh seorang laki laki yang berparas ganteng, bersifat halus atau mirip dengan wanita lah. jatil , diperankan oleh seoaran wanita pertama kali kurang lebih pada tahun 1980 di  PRJ(Pekan Raya Jakarta).
  2. meskipun sudah berabad abad lalu , ternyata reog ini baru di perkenalakan pada tahun 1920.an. wah, kenapa ya gak dari dulu???, menurut cerita memang sejak dulu ada tapi tarian ini hanya untuk kalangan tertentu yang tau, dan baru deperkanalkan ke publik pada tahun 1920.an , , ,
  3. Bahan pembuatan reog yang asli dan mahal. Kulit yang ada di kepala reog terbuat daru kulit macan/harimau asli. Dadak merak (bulu meraknya) itu juga, asli.
  4. reog keliling dunia, , , mungkin inilah kata yang tepat untuk menggambarkan keberadaan reog. reog kini tidak hanya ada di ponorogo ataupun indonesia. sekarang banyak negara negara lain yang mengakui tentang reog. dan banyak yang mengenal tentang reog ini. di buktikan dengan tempilnya reog di mata dunia seperti di Los Angeles (AS), London (Inggris), Spanyol, Rusia, Venezuela serta Suriname, meskipun pemainnya bukan dari ponorogo, malah dari pemain wonogiri tetepi inilah REOG PONOROGO.
  5. 1 buah reog bisa sampai 50 Kg, dan pemainnya hanya bermodal gigi untuk mengangkat reog tersebut, amazing. bukan hanya itu, kadang salah satu jatil di angkat diatas kepalanya juga, jadi bisa sampai 100 Kg.




sumber : 
http://intipanponorogo.blogspot.co.id/2012/04/fakta-unik-reog-ponorogo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar