Rabu, 26 April 2017

Contoh Teks Eksplanasi

BANJIR MELANDA KOTA ADIPURA

  •  PERNYATAAN UMUM : 

  Banjir melanda Kota Malang, yaitu di kawasan Kalisari, Pandanwangi (sekitar Belimbing) sekitar tahun 2015 kemarin yang bertepatan dengan pulangnya anak-anak sekolah. Banjir itu mulai surut saat hujan sudah agak reda. Sebenarnya arti dari banjir itu sendiri adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir juga dapat diartikan sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.
  • DERETAN PENJELAS

   Banjir di daerah tersebut terjadi karena banyak faktor, diantaranya yaitu, dikarenakan saluran air atau gorong-gorong yang tersumbat oleh banyaknya sampah dan kebetulan di daerah tersebut sedang ada pembangunan ruko yang mungkin gorong-gorongnya masih belum benar. Curah hujan yang tinggi disertai gorong-gorong atau saluran air yang belum benar atau mungkin tersumbat oleh banyaknya sampah dapat mengakibatkan banjir yang cukup besar. Dampak dari peristiwa banjir sangat banyak, yaitu diantaranya dapat mengakibatkan kerugian materil maupun non materil misalnya, dapat kehilangan harta benda, kehilangan keluarga karena terbawa arus deras dari banjir, dan dapat menjadi sumber wabah penyakit yang dapat menimbulkan korban jiwa.
  • INTERPRETASI


    Oleh karena itu, kita sebagai warga harus memiliki kewajiban untuk selalu menjaga lingkungan disekitar kita agar tidak terjadi banjir. Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan untuk menghindari banjir. Diantaranya, yaitu dengan rutin kerja bakti untuk membersihkan gorong-gorong atau selokan, tidak membuang sampah sembarangan, dan lebih memperbanyak daerah resapan air di daerah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar