Sabtu, 22 April 2017

Cara Membuat Rok Berkerut

Cara
Membuat Rok Berkerut
  1. Gambar berjudul Make a Skirt Step 1
    1
    Pilih bahan rok. Anda bisa menggunakan kain apapun untuk membuat rok ini, dan Anda akan memerlukan karet selebar 2,5 cm. Untuk membuat rok yang lebih terstruktur, gunakan kain yang lebih kaku. Untuk membuat rok yang lebih longgar dan memberikan kesan halus, gunakan kain yang ringan.
  2. Gambar berjudul Make a Skirt Step 2
    2
    Ukurlah tubuh Anda. Gunakan pita pengukur untuk menentukan jarak antara bagian terlebar pinggul Anda, bagian terkecil pinggang Anda, dan total panjang rok. Untuk menemukan panjangnya, Anda bisa menggunakan pita pengukur dari pinggul Anda ke tingkat yang Anda tentukan pada kaki Anda dan menambahkan sekitar 6,75 cm ekstra untuk tempat karetnya.
  3. Gambar berjudul Make a Skirt Step 3
    3
    Potong kain dan karet Anda. Pergunakan hasil pengukuran tubuh Anda untuk menyesuaikan 2 potong kotak kain besar berdasarkan panjang yang Anda pilih dari lingkar pinggul Anda. Potong karet sepanjang lingkar pinggul Anda dikurangi 2,5 cm (jika lingkar pinggul Anda adalah 75 cm, maka potong karet sepanjang 72,5 cm).
  4. Gambar berjudul Make a Skirt Step 4
    4
    Jahit garis-garis sisinya. Letakkan kedua potongan kotak, dengan satu kotak berada di atas lainnya dalam posisi sejajar. Siapkan ruang jahitan selebar 1,25 cm, dan jahitkan keduanya hingga menyatu. Gunakan setrika untuk meratakan bekas jahitan setelah Anda selesai (atau sebelumnya jika Anda mengalami kesulitan untuk meratakan kain Anda).
  5. Gambar berjudul Make a Skirt Step 5
    5
    Buat tempat karet. Karet rok ini akan tersembunyi di dalam kain, jadi Anda harus mempersiapkan penutup kainnya. Lipat bagian atas kain selebar 1,25 cm dan gunakan setrika untuk meratakannya. Lalu, lipat lagi sepanjang 5,1 cm; gunakan jahitan pada bagian atas untuk menyatukan bagian ini dengan area yang sudah Anda tekan dengan setrika ke roknya. Sisakan bukaan sebesar 10,2 cm di dekat salah satu garis samping rok sebagai tempat memasukkan karet.
  6. Gambar berjudul Make a Skirt Step 6
    6
    Jahit lipatan bawahnya. Lipat bagian bawah rok selebar 1,25 cm. Gunakan setrika untuk meratakannya dan jarum untuk menjaga posisi lipatan jika diperlukan. Jahitlah pada bagian atasnya.
  7. Gambar berjudul Make a Skirt Step 7
    7
    Masukkan karet. Selipkan karet yang telah Anda potong ke dalam tempatnya. Tarik karet melingkari rok, dan saat Anda mencapai sisi satunya, jahit kedua lembaran ini hingga menjadi satu dengan jahitan lurus. Jika diperlukan, gunakan jarum untuk mempertahankan posisi karet saat Anda memasukkannya. Gunakan jahitan atas untuk menutup bukaannya, dan jahitan belakang untuk memperkuat pinggiran rok.
  8. Gambar berjudul Make a Skirt Step 8
    8
    Selesaikan garis pinggang. Sesuaikan kerutan di sekitar garis pinggang sehingga semuanya berjarak dengan imbang. Setelah Anda melakukan hal ini, jahitkan pada area-area bawahnya untuk menggabungkan kerutan dengan karet. Jangan jahit melewati kerutan karena hal ini akan meratakannya, tetapi jahitlah pada ruang-ruang di antara setiap kerutan.
sumber :
http://id.wikihow.com/Membuat-Rok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar