Rabu, 26 April 2017

Contoh Teks Diskusi tentang NARKOBA

Sisi Positif dan Negatif dari NARKOBA


Narkoba adalah suatu barang yang sangat membahayakan bila tidak  digunakan  secara bijak. Apalagi yang menggunaan adalah anak-anak di bawah umur. Namun, sebenarnya narkoba juga barang yang sangat dibutuhkan di dunia kedokteran. Salah satunya adalah sebagai obat penghilang rasa sakit bagi pasien yang sudah mencapai stadium tinggi.
Narkoba memang mengandung banyak zat-zat yang dapat membahayakan tubuh. Namun, apabila digunakan sesuai aturan dan tidak berlebih-lebihan, narkoba juga memiliki manfaat yang dapat kita gunakan. Di dalam dunia kedokteran, salah satu jenis narkoba dimanfaatkan sebagai obat penghilang rasa sakit . obat tersebut biasanya diperuntukan pada pasien-pasien yang sudah dalam fase atau stadium tinggi. Yang mana dalam fase tersebut membutuhkan banyak zat untuk mengurangi rasa sakit yang dideritanya.
Namun, bukan berarti kita dapat menggunakan narkoba dengan seenaknya tanpa resep atau anjuran dokter. Kita juga tetap harus menghindari penggunaannya karena bila narkoba digunakan tanpa resep atau aturan tertentu, maka akan menimbulkan efek yang parah bagi tubuh, misalnya yaitu rusaknya sistem syaraf. Bukan hanya itu, narkoba juga menimbulkan kerusakan fisik dan psikis. Apabila kita sudah pernah mencoba narkoba, biasanya lama-kelamaan akan timbul rasa kecanduan. Sehingga, apabila kita telat untuk mengonsumsi narkoba tersebut, kita cenderung akan terus mencari sampai kita bisa kembali mengonsumsi narkoba tersebut. Ironisnya, kebanyakan para pecandu itu dapat melakukan hal-hal yang di luar kebiasaan, misalnya dengan menyayat anggota tubuhnya sendiri  demi untuk memuaskan nafsu mereka.
Oleh karena itu, sebaiknya pemerintah juga ikut berperan dalam pengedaran bahan-bahan berbahaya seperti narkoba tersebut agar tidak sampai ke tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, kita juga harus membekali diri agar tidak sampai terjerumus untuk menggunakan narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar