Kamis, 13 April 2017

CONTOH TEKS STORY TELLING


Lutung Kasarung

Sekali waktu, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana bernama Prabu Tapak Agung. Dia memiliki dua anak perempuan cantik bernama Purbararang dan Purbasari. Ketika dia dekat dengan kematiannya, raja memilih putri bungsunya bernama Purnasari sebagai penggantinya.
“Saya terlalu tua untuk memimpin kerajaan ini, sekarang saatnya bagi saya untuk menyerahkan tahta kepada putri saya,” kata raja.
“Siapa yang akan menggantikan Anda memimpin kerajaan ini, raja saya?” Tanya Patih nya.
“Saya memilih putri bungsu saya Purbasari sebagai pengganti saya”, jawab raja.
Purbararang yang merupakan kakak tidak setuju dengan keputusan raja. Dia kesal dan marah.
“Saya putri sulungnya. Dia harus memilih saya sebagai penggantinya,”gerutu Purbararang untuk tunangannya yang bernama Indrajaya.
“Tahta harus menjadi milikmu. Anda lebih layak daripada kakakmu!”Jawab Indrajaya.
Mendengar hasutan Indrajaya ini, Purbararang mendapat marah dan dimaksudkan untuk menyakiti adiknya. Lalu ia meminta seorang penyihir jahat untuk mengutuk Purbasari
“Ooo penyihir, aku ingin kau mengutuk Purbasari adikku”, Kata Purbararang.
“Hihihihhi ok, saya akan melakukan permintaan Anda,” jawab penyihir.
Kemudian penyihir mantra Purbasari. Dia berbalik kulit Purbasari ini yang halus dan lembut menjadi bintik-bintik bintik-bintik hitam. Setelah Purbasari menjadi jelek, Purbararang diusir kakaknya.
"Pergi! Sebuah orang menjijikkan seperti Anda tidak pantas menjadi seorang Ratu! “, Kata Purbararang.
“Tapi, saya adikmu, jangan mengusir saya” pinta Purbasari.
Purbarang masih menolak dan meminta Patih untuk mengambil Purbasari
“Anda tidak bisa berada di sini, Anda masih harus pergi dari sini, Patih membawanya ke hutan!”
Kemudian Patih membawa Purbasari ke hutan. “Putri saya, Anda harus bersabar. Allah akan selalu bersama Anda dan membantu Anda”disarankan Patih.
“Thank you “, said Purbasari.
Ada, Purbasari didampingi oleh hewan yang selalu baik padanya. Di antara hewan, ada kera berbulu hitam misterius bernama Lutung Kasarung. kera itu sangat penuh perhatian dan selalu bersorak Purbasari.
“Uuaak uuakk, putri, Anda jangan sedih. Aku akan selalu menemani Anda di sini”kata si kera sementara memberikan bunga untuk Purbasari. Sang putri tidak tahu bahwa kera adalah orang yang kuat yang telah dikutuk menjadi kera.
Pada malam bulan purnama, Lutung Kasarung memohon sesuatu kepada Dewa. “Oh Tuhan, silakan hapus kutukan dari Putri Purbasari” Tidak lama setelah itu, muncul sebuah danau kecil; air itu sangat jelas dan harum.
Keesokan harinya, Lutung Kasarung bertemu Purbasari dan memintanya untuk mandi di danau.
“Uuakkk uuaakkk putri, Anda harus pergi ke danau kecil”
“Mengapa saya harus pergi ke sana?” Tanya Purbasari.
“Uuakk uuaakkk. Ini akan menghilangkan kutukan yang ada padamu”, jawab Kasarung.
Kemudian sang putri masuk ke danau dan mandi. Ketika Purba Sari sedang mandi, sesuatu yang ajaib terjadi. kulit putri menjadi bersih seperti sebelumnya dan ia menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan senang ketika dia melihat dirinya di danau.
Berita tentang Purba Sari akhirnya tiba ke Istana. Kemudian Patih juga meminta para Pangeran Purbasari untuk kembali ke istana.
“Ooo putri saya, saya diminta oleh raja untuk membawa Anda ke istana”, memohon patih.
“Saya akan kembali ke istana, jika Ape ini datang dengan saya,” jawab sang putri.
Akhirnya Meminta nya diterima dan mereka pergi ke istana.
Mengetahui Purbasari telah kembali ke istana, Purbaraang menjadi marah. Dia menantang Purbasari untuk rambut kontes panjang.
“Hei kakak saya, mari kita lihat siapa yang memiliki rambut terpanjang, orang yang memiliki rambut terpanjang akan menang dan pantas tahta ini”, Kata Purbararang.
Pada awalnya, Purbasari tidak mau, tapi dia melakukannya karena dia dipaksa untuk melakukannya dengan adiknya. Akhirnya, Ternyata Purbasari memiliki rambut terpanjang.
Purbararang marah dan dia menantang Purbasari sekali lagi.
“Yah aku hilang, tetapi ratu harus memiliki tunangan tampan dan gagah. Meskipun Anda tidak memilikinya”, menghina Purbaraang.
“It is my fiancĂ©!” Replied Purbasari.
Semua orang di istana tertawa termasuk Purbararang.
“Hhhahah bagaimana bisa Ratu memiliki tunangan seperti Ape” ejek Purbararang.
Kemudian Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pria tampan. Dia lebih tampan dari Indrajaya. Semua orang di istana, termasuk Purbasari terkejut. Dia tidak percaya bahwa kera yang telah menemaninya selama ini adalah seorang laki-laki.
“Saya adalah seorang pria yang telah dikutuk menjadi kera. Tapi aku sudah menjadi manusia lagi terima kasih kepada Putri Purbasari “, kata Lutung Kasarung.
Purbararang akhirnya mengakui kekalahannya dan bersalah. Dia meminta maaf kepada adiknya dan memohon untuk tidak dihukum. Purbasari baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian itu Purbasari menjadi seorang ratu, didampingi oleh seorang pria yang Lutung Kasarung.
Iklan
Artinya:

Lutung Kasarung

Pada jaman dahulu kala ada sebuah kerajaan yang pimpin oleh seorang raja yang bijaksana bernama Prabu Tapak Agung. Dia memiliki dua orang putri yang cantik yaitu Purbararang dan adiknya Purbasari. Pada saat mendekati kmetiannya sang raja memilih Purbasari, putri bungsunya sebagai penggantinya.
“Aku sudah terlalu tua, saatnya aku menyerahkan tahta ini kepada putriku”, kata sang raja.
"Siapa yang akan memimpin pemerintah untuk menggantikan raja Anda?", Tanya bantuannya.
“Aku memilih putriku yang bungsu Purbasari sebagai penggantiku”, jawab sang raja.
Purbararang yang merupakan saudara tertuanya tidak setuju dengan keputusan sang raja. Dia pun kesal dan marah.
“Aku putri putri tertua ayah, seharusnya dia memilih aku sebagai penggantinya,”, gerutu Purbararang pada tunangannya yang bernama Indrajaya.
"Seharusnya tahta itu menjadi milikmu, kau yang lebih berhak mendapatkannya dari adikmu!", Hasut Indrajaya.
Mendengar hasutan Indrajaya, Purbararang semakin marah dan berniat mencelakai adiknya. Ia meminta seorang nenek sihir yang jahat untuk mengutuk Purbasari
“Wahai penyihir, aku memintamu untuk mengutuk adikku Purbasari”, kata Purbararang.
“hihihihhi baiklah, aku akan melaksanakan permintaanmu”, jawab nenek sihir.
Kemudian nenek sihir itu memanterai Purbasari. Dia merubah kulit Purbasari yang halus dan lembut menjadi bertotol-totol hitam. Setelah berhasil membuat Purbasari menjadi jelek, Purbararang mengusir adiknya tersebut.
“Pergi kau! orang yang menjijikan seperti mu tidak pantas menjadi seorang Ratu !” ujar Purbararang.
“Tapi kak, aku ini adikmu, tolong jangan usir aku” pinta purbasari.
Purbarang masih menolak dan meminta bantuan nya untuk mengusir mendesah, "Tidak bisakah kau masih harus pergi dari sini, gubernur membawanya ke dalam hutan"
Kemudian Patih itu membawa Purbasari ke dalam hutan. “Tuan Putri harus bersabar. Tuhan akan selalu bersama dan menolong Putri”’ nasihat sang patih.
“Terima kasih paman”, ujar Purbasari.
Di dalam hutan Purbasari ditemani oleh hewan-hewan yang selalu baik kepadanya. Diantara hewan tersebut ada seekor kera berbulu hitam yang misterius yang bernama Lutung Kasarung. Kera itu sangat perhatian dan selalu menghibur Purbasari.
“uuaak uuakk, Tuan Putri jangan bersedih. Aku akan selalu menemani Anda di sini” kata kera itu sambil memberikan sebuah bunga kepada Purbasari. Sang putri tidak mengetahui bahwa kera itu merupakan seorang yang sakti yang telah dikutuk menjadi kera.
Pada saat malam bulan purnama, Lutung Kasarung memohon sesuatu kepada Dewata. "Wahai Dewa, tolong hilangkanlah kutukan yang ada pada Putri Purbasari" Tidak lama kemudian, terciptalah sebuah telaga kecil, airnya sangat jernih dan harum.
Keesokan harinya Lutung Kasarung menemui Purbasari dan memintanya untuk mandi di telaga tersebut.
“ Uuakkk uuaakkk Tuan Putri masuklah ke dalam telaga kecil itu”
“kenapa aku harus masuk ke dalam sumur itu?”, tanya Purbasari.
“Uuakk uuaakkk sumur itu akan menghilangkan kutukan yang ada padamu”, jawab Lutung kasarung.
Kemudian Tuan Putri masuk ke dalam sumur itu dan mandi. Saat Purba Sari sedang mandi, sesuatu yang ajaib terjadi. Kulit Tuan Putri menjadi bersih seperti semula dan ia menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan gembira ketika ia bercermin di telaga tersebut.
Kabar tentang Purba Sari akhirnya sampai juga ke Istana. Sang patih pun meminta Putri Purba Sari untuk kembali ke istana.
“Wahai Tuan Putri Aku diminta oleh raja untuk membawamu ke istana”, pinta sang patih.
“Aku akan kembali ke istana dengan syarat Kera ini pergi bersamaku”, jawab Sang putri.
Permintaan sang putripun dipenuhi dan mereka pergi ke istana.
Mengetahui Purbasari telah kembali ke istana, Purbaraang menjadi marah. Dia menantang Purbasari untuk lomba panjang rambut.
“Hey adikku marilah kita lihat rambut siapa yang paling panjang, yang memiliki rambut paling panjang dialah yang menang dan berhak atas tahta ini !”, kata Purbararang.
Awalnya Purbasari tidak mau, tetapi karena terus didesak ia menuruti kakaknya. Ternyata rambut Purbasari lebih panjang.
Purbararang kesal dia pun kembali menantang purbasari.
“Baiklah aku kalah, tapi seorang putri harus memiliki tunangan yang tampan dan gagah. Semantara kau tidak memilikinya”, ejek Purbaraang.
“Ini tunaganku!” jawab Putri Purba Sari.
Semua orang di istana tertawa termasuk Purbararang.
“hhhahah bagaimana mungkin seorang ratu memiliki tunangan seekor kera” ejek Purbararang.
Kemudian Lutung kasarung berubah menjadi seorang pria yang gagah dan lebih tampan dari Indrajaya. Semua orang di istana termasuk Purbasari kaget. Dia tidak menyangka bahwa Kera yang telah menemaninya selama ini adalah seekor kera.
“Aku adalah seorang pria yang telah dikutuk menjadi kera. Namun aku telah menjadi manusia kembali berkat Putri Purbasari”, kata Lutung kasarung.

Purbararang akhirnya mengakui kekalahannya dan kesalahannya selama ini. Ia memohon maaf kepada adiknya dan memohon untuk tidak dihukum. Purbasari yang baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian itu Purbasari menjadi seorang ratu, didampingi oleh seorang pria idamannya yaitu Lutung Kasarung.




sumber :
http://www.belajarbahasainggrisku.com/2014/12/contoh-teks-story-telling-dalam-bahasa-inggris-beserta-artinya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar